Kebutuhan Dasar Manusia, Ingin Memiliki dan Dimiliki

Bendherang.comPerasaan bahwa lingkungan sosial telah mengisolasi seorang individu merupakan definisi kesepian menurut John Cacioppo. Kegagalan berdaptasi menjadi salah satu penyebab mengapa seseorang bisa merasa kesepian pada akhirnya. Ketika individu berada pada kondisi dimana ia merasa kecil dalam sebuah lingkungan sosial, maka kepalanya akan menyetujui bahwa ia membutuhkan keterlibatan. Hal ini mendukung pandangan bahwa keinginan untuk diterima, dimiliki dan memiliki merupakan suatu hal yang penting.

kebutuhan dasar manusia ingin memiliki dan dimiliki
source: pixabay.com
Sedikitnya ada 3 alasan mengapa rasa ingin memiliki dan dimiliki merupakan kebutuhan dasar manusia. Dua hal tersebut dapat memengaruhi pikiran dan perilaku seseorang setidaknya untuk membentuk dan mempertahankan hubungan interpersonalnya dalam sebuah lingkungan sosial. Berikut 3 alasan tersebut :

Perasaan akan Identitas

Identitas adalah pembeda antara satu individu dengan individu lainnya. Berhasil masuk dan terlibat dengan sebuah lingkungan sosial artinya mendapatkan penerimaan, dimana di dalamnya ia bisa sekaligus memberi sebagai bentuk eksistensinya dalam sebuah lingkungan. Lingkungan sosial dapat menjadi penguat identitas dimana seseorang bisa bisa semakin berkembang karena mendapatkan kesempatan untuk berada di dalamnya.

Perasaan akan Rasa Aman

Kebutuhan akan rasa aman atau sense of security hampir serupa dengan penjelasan Maslow tentang hirarki kebutuhan. Seseorang membutuhkan perasaan aman agar hari-harinya berlalu dengan baik. Ketika perasaan aman ini terganggu karena hari-hari yang tidak sesuai dengan keinginan, maka ia membutuhkan pereda berupa manusia lain untuk menemaninya. Ketidakberdayaan yang sedang dialami dapat berkurang karena ia merasa aman saat ditemani, didukung dan diterima.

Perasaan akan Kesederhanaan

Manusia tak menyukai suatu hal yang kompleks atau memusingkan. Maka, individu akan cenderung melekat dengan orang lain agar tak mengalami kerumitan dalam arti ia membutuhkan bantuan agar permasalahannya menjadi lebih sederhana. Ketika seseorang memiliki individu lain untuk membantunya, maka ia akan merasa lebih tenang dan hal itu bisa didapatkan dari hubungan sosial dengan lingkungan sekitarnya.

Menjalin hubungan interpersonal yang sehat sangat diperlukan. Adaptasi menjadi titik awal untuk bisa masuk ke dalam sebuah lingkungan sosial demi memenuhi kebutuhan akan identitas, rasa aman dan kesederhanaan untuk menyelesaikan sebuah masalah. Saling terlibat dalam lingkungan sosial merupakan kebutuhan dimana di dalamnya ada penerimaan dan perasaan memiliki, juga dimiliki.


Belum ada Komentar untuk "Kebutuhan Dasar Manusia, Ingin Memiliki dan Dimiliki"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel