Berdamailah dengan Perasaan Negatif

Bendherang.com - Emosi negatif kerap dianggap sebagai sesuatu yang buruk. Ketika sudah dicap sedemikian rupa, maka orang-orang mulai berpikir untuk tidak ingin merasakan emosi negatif yang sebenarnya sangat wajar dirasakan oleh manusia. Emosi negatif hampir selalu dihiraukan begitu saja. Dapat pula dikatakan bahwa kita lebih sering lari ketimbang menghadapinya.

berdamai dengan perasaan negatif
sumber: unsplash


Sedih, marah, kecewa adalah hal yang wajar. Ketika seseorang selalu lari dari emosi negatif yang dirasakannya, hal itu justru akan melemahkan ketahanan mentalnya. Perasaan negatif yang sebenarnya wajar, menjadi sangat mengganggu dan akhirnya berlarut-larut. Maka, cobalah untuk menghadapinya dengan melakukan cara-cara ini :

Sadari Kehadiran Emosi Negatif

Kemunculan emosi negatif harus disadari terlebih dahulu. Tanyakan kepada diri sendiri 

“Apakah kita sedang merasakan perasaan negatif?”

“Apa yang menyebabkan kemunculan emosi negatif yang membuat pikiran menjadi tidak nyaman?”

Sebenarnya, secara tidak sadar kita sudah menyadari adanya perasaan negatif, namun yang menentukan dampak kedepannya adalah perilaku yang muncul terhadap perasaan negatif tersebut. Apakah akan menghindarinya begitu saja? Atau terus-terusan memikirkannya berulangkali?

Sadari keberadaannya, ketahui penyebabnya dan terima. 

Labeli Perasaan

Setelah menyadari keberadaan emosi negatif, cobalah untuk melabeli perasaan yang muncul secara tepat. Apakah itu marah, apakah itu kecewa, apakah itu kesal. Pastikan untuk melabelinya dengan benar. Ini akan sangat membantu menemukan cara untuk mengatasinya.

Terima

Setelah menyadari keberadaan emosi negatif dengan mengetahui sebabnya, kemudian melabelinya maka terimalah emosi tersebut. Terima bahwa kita memang tidak nyaman karena emosi negatif itu, bahwa sangat wajar untuk marah, sedih atau kecewa. Meski sulit, penerimaan akan membuat kita merasa lega.

Refleksi Diri

Ketika sudah sampai pada titik penerimaan, kita bisa melakukan refleksi diri untuk mengevaluasi sebab munculnya emosi negatif dan gambaran emosi tersebut untuk menemukan solusi setelahnya. Percayalah bahwa kemunculan emosi negatif adalah hal yang wajar dan akan membuat kita semakin bertumbuh dalam menjadi dewasa.

Kembali Tenang

Setelah menerima dan mengevaluasi keadaan yang terjadi, tingkatkanlah ketenangan diri. Hidup selalu tentang belajar. Setelahnya, jadilah pribadi yang lebih terbuka untuk membukakan pintu terhadap emosi-emosi negatif yang datang. Pelajari dan hadapi. Bangkit dan kembali mengusahakan yang terbaik. Maka, berdamailah.


Belum ada Komentar untuk " Berdamailah dengan Perasaan Negatif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel