Kamu Sering Overthinking? Cobalah untuk Mengatasinya dengan 7 Cara Ini!

mengatasi overthinking
Bendherang.com - Pernahkah kamu merasa lelah karena terus berpikir? Pikiran-pikiran berupa kecemasan terhadap berbagai macam hal yang sebenarnya belum tentu terjadi atau sering disebut overthinking. Terlalu banyak berpikir dapat berdampak kurang baik untuk kesehatan mental maupun fisik jika dilakukan terus menerus, bahkan tidak berani mengambil keputusan atau melakukan tindakan. Hal ini tentu sangat mengganggu. Jika kamu merasa sering overthinking, cobalah untuk mengatasinya dengan 7 cara ini!

1. Mendekatkan Diri Pada Tuhan

Kamu mungkin sering lupa bahwa kita adalah ciptaan Tuhan, ketika kita sedang masalah atau tidak sudah sewajarnya kita meminta pertolongan kepadaNya. Luangkan lebih banyak waktu untuk beribadah dan berdoa agar apa yang menjadi kendala dalam hidup kita lebih dimudahkan olehNya.

2. Menyelesaikan Masalah yang Mudah Terlebih Dahulu

Memilih menyelesaikan masalah yang lebih ringan terlebih dahulu kemudian ke masalah yang lebih berat. Hal tersebut terbukti lebih efisien daripada kita terlalu fokus pada masalah yang lebih berat. Jika kita dapat menyelesaikan satu masalah yang ringan dahulu akan memberi kita semangat dan motivasi untuk menyelesaikan masalah berikutnya..

3. Ekspresikan Pikiran Kamu Dalam Tulisan

Pikiran yang tumpang tindih akan membuatmu semakin sulit. Cobalah untuk membedah isi pikiranmu sendiri, urai satu per satu ke dalam bentuk tulisan agar tidak terlalu penuh dan bertumpuk.

Tuliskan apa saja yang kamu pikirkan ke dalam selembar kertas, notes ponsel atau media apapun yang bisa digunakan untuk menulis. Meluahkan isi pikiran ke dalam tulisan adalah salah satu cara untuk mengungkapkan keresahan pada diri sendiri.

4. Lakukan Aktivitas Menyenangkan

Coba renungkan tentang aktivitas yang paling banyak menyita perhatianmu. Kegiatan yang menyenangkan dan membuatmu tidak terpikirkan hal lainnya. Ini akan membantu menenangkan pikiran.

Salah satu aktivitas yang baik untuk mengatasi perilaku overthinking adalah olahraga. Luangkan waktu untuk melakukannya mulai dari 10 hingga 30 menit per hari. Kamu juga bisa mencoba bermeditasi untuk belajar menenangkan diri dan lebih meresapi segala sesuatu yang kamu rasakan.

5. Berkomitmen untuk Membuat Keputusan

Berbagai macam kecemasan yang terus dipikirkan berulang-ulang hanya menambah beban di kepala. Tentukanlah batas waktu untuk mengambil keputusan. Tidak terburu-buru, namun juga tidak terlalu lama. Pastikan kamu berpikir dengan jangka waktu yang wajar agar tidak tenggelam dalam kecemasan.

6. Cobalah untuk Mulai Bertindak

Bagi orang yang sudah terbiasa larut dalam berbagai macam kecemasan, bertindak bukanlah hal yang mudah. Namun, mulai sekarang cobalah untuk menguatkan diri dan bertindak. Tinggalkan perasaan kecemasan terhadap sesuatu yang belum tentu terjadi.

Tidak perlu memusingkan kegagalan karena setiap orang memiliki jatah gagalnya masing-masing, yang terpenting adalah berani mencoba dan mengalihkan pikiran untuk terus mencoba tanpa terlalu mencemaskan kegagalan itu sendiri.

Pendapat orang lain bisa menjadi koreksi, tapi jika itu mencegahmu untuk bergerak sebaiknya abaikan dan fokuslah untuk melakukan usaha yang terbaik. Manusia bisa salah, kapan saja, dimana saja, dengan siapa saja dan itu tak mengapa.

7. Meminta Bantuan Pada Orang Lain

Jika kamu sudah mencoba banyak cara untuk mengatasi overthinking namun belum berhasil tidak ada salahnya untuk meminta bantuan pada terapis yang berpengalaman agar dapat mengurangi beban yang ada di pikiran.

Selain terapis kamu pun bisa meminta bantuan pada sahabat atau teman yang bisa dipercaya. Setidaknya dengan bercerita kamu dapat memperoleh saran yang bisa jadi dapat menjadi motivasi ataupun cara untuk mengatasi overthinking yang kamu alami.

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi overthinking, agar kamu dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi.


Belum ada Komentar untuk " Kamu Sering Overthinking? Cobalah untuk Mengatasinya dengan 7 Cara Ini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel