11 Cara Untuk Hidup Lebih Bahagia dengan Menjadi Diri Sendiri

Bendherang.com - Kamu mungkin sudah sering mendengar nasihat biar hidupmu lebih bahagia, salah satunya dengan menjadi diri sendiri. Ketika kamu beranjak remaja mungkin orang orang disekitarmu memberi tahu kamu, "Jadilah dirimu sendiri." Kamu bisa menjadi orang yang jauh lebih bahagia ketika kamu mengetahui siapa dirimu sebenarnya dan ketika kamu belajar bagaimana menjadi diri sendiri.
Bahagia menjadi diri sendiri
Sumber : Google
Jika  kamu ingin menginginkan suatu perubahan, maka kamu mungkin mengatakan pada diri sendiri bahwa segala sesuatu akan lebih baik jika ada perubahan tertentu dalam hidupmu atau perubahan pada dirimu sendiri. Kamu dapat membuat perubahan positif itu sendiri. Jadilah proaktif, dan miliki pandangan yang lebih positif tentang dirimu sendiri.

Berikut ini adalah 11 cara untuk hidup lebih bahagia dengan menjadi diri sendiri:

1. Jangan Bertujuan untuk Menyenangkan Orang Lain

Ada sesuatu yang salah jika kamu tidak pernah melakukan apa yang ingin kamu lakukan, namun selalu melakukan apa yang orang lain ingin lakukan juga tidak sepenuhnya baik. Menyenangkan orang lain bisa menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan, tetapi ketahuilah batasannya. Daripada selalu bertujuan untuk menyenangkan orang lain, kamu juga harus melakukan sesuatu yang dapat menyenangkan dirimu sendiri.

2. Jangan Peduli dengan Anggapan Orang Lain

Ketika kamu  terlalu memikirkan anggapan orang lain, kamu akan sulit menjadi diri sendiri. Kamu tidak perlu menghiraukan apa kata mereka. Yang terpenting kamu sudah berbuat baik dan selalu menjadi orang yang lebih baik. Apapun penilaian orang lain terhadapmu tidak akan berpengaruh, maka jangan hiraukan apa kata mereka.

3. Berani Jujur Pada Diri Sendiri

Memberanikan diri untuk jujur pada diri sendiri akan membawa kamu berada di tahap yang sebenar-benarnya, terutama saat kamu dituntut untuk menentukan tindakan yang harus kamu lakukan. Tanamkan pada diri kamu bahwa yang mengetahui seluk-beluk kehidupanmu adalah diri kamu sendiri, bukan saudara, teman ataupun orang lain.

4. Temukan Potensi yang Kamu Miliki

Apakah kamu tahu siapa kamu sebenarnya? Cobalah mengidentifikasi dirimu lebih dalam, gali potensi seluruh yang terbaik serta terburuk di dalam dirimu, sehingga Kamu dapat mengenali dirimu yang sesungguhnya. Setelah kamu menemukan potensi yang kamu miliki, tingkatkan potensi itu menjadi lebih baik. Sehingga kamu lebih mudah menentukan tujuan hidup yang ingin kamu capai.

5. Hargai Dirimu Sendiri

Tidak peduli berapa banyak kekurangan dalam dirimu, jangan sampai hal itu menjadikan kamu tidak menghargai dirimu! Setiap orang itu unik, dan setiap orang setidaknya memiliki kekurangan dalam diri mereka. Terima kekuranganmu dan berusahalah untuk memperbaikinya.

6. Jadilah Percaya Diri dengan Apa yang Kamu Miliki

Apakah kamu pernah meragukan diri sendiri? Meragukan diri sendiri bisa sangat mudah jika kamu terus-menerus membandingkan diri sendiri dengan orang lain dan bertanya-tanya "Bagaimana jika?"Alih-alih meragukan diri sendiri sepanjang waktu, Kamu harus percaya diri dengan diri sendiri dan siapa dirimu. Menunjukkan kepercayaan pada diri sendiri dan keputusan yang kamu ambil juga akan menunjukkan kepada orang lain bahwa kamu tahu yang seharusnya kamu lakukan.

7. Maafkan Dirimu

Maafkan dirimu karena telah berpikir negatif. Maafkan dirimu karena berbicara tanpa berpikir dua kali. Maafkan dirimu karena bersikap kasar kepada atasan, teman, orang tua, atau saudara. Jangan memikirkan pikiran negatif tentang dirimu karena mengambil langkah yang salah atau membuat keputusan yang salah. Pemikiran seperti ini menempatkan fokusmu pada masalah dan bukan pada sebuah solusi. Lebih baik mengatakan hal-hal baik tentang dirimu daripada mengatakan hal-hal negatif. Selalu mengatakan hal-hal positif tentang dirimu adalah tanda bahwa Anda telah memaafkan diri sendiri.

8. Berhentilah Berfikir Negatif Tentang Diri Sendiri

Apakah kamu melihat semuanya sebagai gelas setengah penuh atau gelas setengah kosong? Mudah untuk bersikap negatif terhadap diri sendiri. Dalam hal bahagia, penting bagi kamu untuk belajar menjadi diri sendiri dan menjadi lebih positif.

9. Temukan Hobi yang Kamu Cintai

Setiap orang memiliki sesuatu yang mereka jalani atau yang mereka sukai. Cari tahu apa yang kamu sukai dan jadikanlah itu sebuah hobi. Melakukan apa yang kamu sukai dapat membuat kamu jauh lebih bahagia.

10. Belajarlah dari Kesalahan Masa Lalu

Kamu benar-benar dapat belajar lebih banyak tentang diri kamu sendiri ketika kamu melakukan kesalahan. Inilah mengapa kamu harus bangga melakukan kesalahan .Kesalahan dalam hidup tidak selalu harus dilihat secara negatif. Pikirkan tentang apa yang salah kemudian pelajari dan perbaiki kesalahan tersebut.

11. Perjuangkan Apa Yang Ingin Kamu Capai

Menjadi diri sendiri tidak harus berarti kamu harus terjebak dalam status yang kamu miliki saat ini. Buatlah sebuah tujuan untuk yang ingin kamu capai dan berjuanglah untuk pencapaian itu. Kamu dapat meningkatkan kualitas hidupmu sambil tetap setia untuk menjadi diri sendiri.






Belum ada Komentar untuk "11 Cara Untuk Hidup Lebih Bahagia dengan Menjadi Diri Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel